Senin, 04 Februari 2008

KENALAN SAMA CEWEEEE..

Ngerasa susah nyari pacar? Capek nyari pacar, tapi pengen punya gandengan? Kenapa gak kita istirahat sebentar, dan berpikir untuk kenapa gak kita nyari temen cewe dulu yang buanyaaaaakk.. Ada yang bilang kalo punya temen cewe banyak itu lebih asik dibanding punya pacar.. Benarkah? Penulis juga masih nyari tau kebenaran dari omongan itu,, tapi penulis mikir, gak ada salahnya kita nyari temen cewe banyak,, bayangin kalo kita kenal sama 100 cewe, masa sih gak ada yang bikin hati kita tertambat dan akhirnya kita jadi serius ngejar tuh cewe (kecuali yang baca blog ini homo,, hehe)..
Sebenarnya 'punya pacar' itu bukan masalah 'bisa ato gak', tapi 'mau ato gak',, dan kalo sudah 'mau', masalahnya adalah 'berani apa gak'.. So, intinya ya 'niat'.. Kalo niatnya baik, insyaAllah hasil akhirnya baik..

Nah, gimana caranya punya banyak temen cewe? Banyak jalan ke Padang.. Kenalan sama temennya temen? Wah, iya kalo temen kita punya banyak temen cewe.. Ikut organisasi ato komunitas dan berharap ada banyak cewe di situ? Korban waktu sama tenaga.. Minta nomer hp cewe dari temen trus kita teror pake sms dan telpon? Mesti modal pulsa dan siap2 aja dianggap sebagai orang kurang kerjaan yang putus asa.. Kenalan lewat friendster? Cuma ada satu komen dari penulis,, BASIIIII..

Trus gimana dong? Ada solusi nampool,, tapi ini bukan karena penulis jago dalam hal gini, tapi justru karena penulis lagi banyak belajar untuk hal ini,, yaitu: kenalan langsung sama cewe.. Gimana caranya?
Ni yang selama ini penulis praktekin..

1. SUASANA HATI + SENYUM (MOOD + SMILE)
Ini hal krusial dalam kenalan,, jangan kenalan pas gak mood, kesannya terpaksa.. Pas mood, kita punya energi percaya diri yang hebat..
Jangan lupa pasang senyum dan tampang cerah,, muka jangan ditekuk kayak baru keilangan dompet ato pasang tampang kayak orang mau boker, dijamin ngibrit tuh cewe.. Coba kita kenalan pas suasana hati kita lagi baik,, misalnya pas tau kita dapet nilai ujian A.. Kan senyum cerah tuh, pede tinggi pula, pasti lebih gampang kenalan sama cewe.. Cewe seneng sama cowo yang mukanya cerah.. Pasang tampang kurang lebih kayak gini : \(^.^)/ (ini bukan tampang maniak lho..)
2. PENAMPILAN (PERFORMANCE)
Ini berhubungan sama first impression.. Inget, kita bisa menilai sifat seseorang dalam waktu 5 detik dari caranya berpenampilan.. So, begitu juga penilaian cewe pas ngeliat kita ngajak kenalan,, dia bakal meratiin dari ujung rambut sampe ujung kaki.. Dari gaya rambut, muka, kerah baju, celana, sampe alas kaki..
Jadi pastiin kita lagi di kondisi yang baik untuk dilihat..
3. SIKONTOLPANJANG (SItuasi, KONdisi, PANdangan, dan JANGkauan)
Ini hal eksternal,, liat situasi sekitar mendukung apa gak untuk kita kenalan.. Apakah tuh cewe sendiri ato rame2? Trus kira2 timing-nya cocok gak untuk kenalan..
Kondisi tuh cewe kira2 lagi enak gak diajak ngobrol..
Pandangan kita gimana,, karena yang penting pas ngobrol adalah kontak mata..
Jangkauan kita juga harus diatur,, jangan terlalu deket jangan terlalu jauh.. Kalo terlalu deket, kita bisa dianggap masuk ke private zone dia dan itu bisa dianggap pelecehan.. Kalo terlalu jauh, kita dianggap sombong.. Jarak yang pas itu jarak di mana kita bisa jabatan tangan pas kenalan..
Kalo sikontolpanjang udah oke,, langsung ke langkah berikut..
4. PENDEKATAN (APRROACHING)
Misalkan kita lagi duduk, dan tiba2 ada cewe duduk di sebelah kita, gak perlu approaching, karena tuh cewe yang mendekat ke kita,, bisa langsung ke langkah lima..
Tapi kalo kita liat ada cewe jauh dari kita, dan kita berniat ngajak kenalan, maka tugas kita pertama ya approaching itu..
Approaching yang baik itu adalah seakan2 kebetulan, dan seakan2 gak ada niat kenalan.. Misalkan tuh cewe duduk 20 meter dari kita, maka approaching yang bagus adalah kita langsung berpindah sejauh jarak itu dan langsung duduk di sebelah ato di depannya, dan buka pembicaraan.. Jangan kita pindah 10 meter ke deket dia, trus baru pindah 5 meter lagi, trus baru ke deket dia.. Jangan,, soalnya dia bakal gak comfort, dia bakal sadar kalo dia lagi diperhatiin.. Dan ini teekesan kalo kita gak punya nyali..
5. PEMBICARAAN
Ada dua tahap dalam pembicaraan, yaitu pembukaan (ice breaking) dan bangun kepercayaan (building trust)..
Ice breaking :
Pecahin dan cairkin suasana yang beku,, biasanya dengan mengajukan pertanyaan yang mudah dan melakukan tindak lanjut ice breaking.. Misalkan:
a.) "lagi nunggu temen ya?"
Kalo jawabannya 'iya', kita bilang aja 'wah sama, saya juga lagi nunggu temen..',, karena orang itu seneng kalo ada yang bernasib sama kayak dia..
b.) "asalnya dari mana, mba?"
Ini bakal jadi advantage kalo ternyata dia satu daerah asal sama kita,, pasti pembicaraan jadi gampang.. Kalo misalkan gak satu daerah asal, kita jawab dengan 'wah, saya punya banyak temen tuh asalnya dari sana,, sodara juga ada'.. Bakal lebih baik kalo kita punya pengetahuan tentang daerah asal tuh cewe, jadi pembicaraan lebih asik.. Kita juga harus muji daerah tempat dia berasal.. Misalnya bilang, 'wah saya seneng sama orang jogja, ramah semua..' ato 'wah, saya seneng sama bandung, orangnya enak2' ato 'wah, saya seneng sama orang medan, mereka pendiriannya kuat'
c.) "maaf, mba, sekarang jam brapa ya?"
Biarpun kita punya jam, gapapa, namanya juga ice breaking.. Abis dia ngasih tau skarang jam brapa, kita bisa komentar 'wah, jam aku kecepatan sepuluh menit nih..' ato 'wah temenku telat banget nih,, aku lagi nunggu temen, mbaknya nunggu temen juga?'
d.) "mba-nya kuliah di UGM juga? Jurusan apa? Angkatan brapa?"
Sama kayak nanya daerah asal, bakal enak kalo ternyata kita satu kampus, ato bahkan satu jurusan.. Kalopun gak satu kampus ato satu jurusan, kita bisa kasih tau kalo kita punya temen di sana,, bakal lebih enak kalo ternyata dia kenal sama temen kita itu..
Kita juga harus muji tempat dia kuliah dengan ngomong 'wah, kamu kuliah di fakultas itu,, berarti kamu pinter dong..' untuk pertama-tama kenalan, jangan langsung ngerayu, tapi puji secara tulus dulu,, karena kita blom tau dia tipe yang suka dirayu apa gak..

Abis ice breaking ini, dengan sopan kita ulurin tangan dan sebut nama kita.. Itu lebih gentle daripada frontal ngasung nanya 'mbaknya namanya siapa?'.. CATATAN PENTING : jangan sampe lupa namanya,, orang bakal seneng kalo namanya diinget..

Building trust :
Adalah tahapan pembicaraan abis ice breaking,, (perlu diingat pas kita kenalan dengan seseorang, tujuan kita adalah mencari tau banyak informasi tentang orang itu.. Bukannya malah banyak ngomong tentang diri kita sendiri.. Jadi kenalan itu sebenernya gampang, kita Cuma jadi pendengar yang baik dengan cara ngajuin pertanyaan2.. Ingat : "orang yang paling membosankan adalah orang yang paling banyak bercerita tentang dirinya sendiri..")
Makanya ada prinsip dalam pembicaraan bagian ini : yaitu urutan pembicaraan F-O-R-M,,
a.) Family ato keluarga
Kita bisa nanya tentang keluarga dia.. Ortunya kerja di mana, berapa bersodara, dia anak ke berapa,, (bagian ini 5 menit cukup)
b.) Occupancy ato kerjaan
Kita tanya tentang pekerjaannya,, pelajar? Mahasiswa? Karyawan? Kalo mahasiswa, ya tanya tentang kuliahnya, sibuk apa gak, nati kalo lulus mau ke mana dan sebagainya.. Kalo udah kerja, ya tanya tentang kerjaannya,,
c.) Recreation ato hobby
Kita bisa nyari tau hobinya,, puji hobinya dan bakal bagus banget kalo dia punya hobi yang sama..
d.) Message ato tinggalin pesen,, ini bagian penting karena di sini kita nanya nomer telpon..
Bilang gini "mba, saya udah ngobrol banyak sama mbaknya,, mbaknya enak juga diajak ngobrol.. Tapi sayang nih saya udah harus pergi, mbaknya punya nomer hp? Mungkin nanti saya bisa hubungin kalo ada apa2.."
Ato bisa juga dengan kita duluan yang ngasih nomer hp.. "mba, ni saya udah mau pergi, ni saya tinggalin nomer hp saya, mbaknya bisa hubungin kalo perlu bantuan apa gitu.. 0819sekian.. Mbaknya punya nomer hp?" biasanya orang gak bakal nolak ngasih nomer kalo kita dah ngasih duluan..

Selanjutnya terserah anda,, mau dideketin ato dikasih ke penulis.. hehe

Well,, gak ada teori pasti dalam hal kenalan.. Practices make perfect.. Kenapa pilot bisa jago ngendaliin pesawat : karena JAM TERBANGNYA TINGGI..


"And among His signs is that He has created spouses from among yourselves so that you may live in tranquility with them ; and He has created love and mercy between you. Verily, in that are signs for those who reflect." (Holy Qur'an 30 : 21)

Written by : AatSmangat (aatberkata.blogspot.com) (slalukangen@yahoo.com)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

huehue...

aat mulai menebarkan taringnya...hehe...

kayaknya aat dan bintang mengalami kemajuan pesat...gk percuma kalian dilatih secara sporadis oleh Mentor handal BOB ANDREW...

Selamat...anda layak dapat kenaasan..hehe..

Anonim mengatakan...

gile,at..

lo dapet inspirasi dr mana??

praktekkin dong,at..jgn nulis di blog aaja..

hehehe