Jumat, 31 Oktober 2008

teori motivasinya Mc Clelland

Tadaaaa...

Jakarta ujan cuy..untuk mengisi rasa bosan gw terhadap hujan ini bolehlah kiranya gw posting-postingan dulu disini..

Gw pengen ngangkat tema tentang Teori Motivasi..

Ok cuy..time's bacoting..

Teori Motivasi

Teori motivasi yang pengen gw angkat disini adalah teori motivasinya Mc Clelland, cos gw yakin yang namanya anak TI UGM Teori Motivasinya cuma si Maslow doang (iya kan..?? Jujur lo..!!!). Kenapa..?? Karena anak2 Bananas gw liat pengaruh motivasinya kebanyakan dari sini nih..

Mc Clelland bilang gini, Manusia tuh bisa dimotivasi sama tiga hal, yakni Power (kekuasaan), Achievments (Prestasi), dan Affiliation (Pertemanan). Based on these things, he classified human into 3 types.

1. N-Ach a.k.a Needs of Achivements

Orang tipe ini bakal termotivasi untuk melakukan sesuatu dengan mengharapkan penghargaan (yah, menurut gw sekecil-kecilnya penghargaan itu adalah acungan jempol atau rasa salut lah dari kelompoknya).
I feel that most of people is classified into this part. Ya..secara langsung atau nggak langsung kita emang termasuk dalam golongan ini cuy. Nggak usah ngasih-ngasih contoh lah gw, cos gw takut aja salah paham lagi.

2. N-Pow a.k.a Needs of Power

Orang yang tipe ini bakal melakukan sesuatu demi mendapat kekuasaan. Gawatnya, umumnya orang dengan tipe ini rela melakukan apapun (menghalalkan segala cara) untuk mendapatkan power yang dia inginkan..gawat ni cuyyyy..

3. N-Aff a.k.a Needs of Affiliation

Ini yang paling cihuy cuy..Orang dengan tipe ini, kasarannya dia nggak membutuhkan apapun baik pamrih, imbalan, balas jasa, rasa hormat, tepuk tangan, kekuasaan, and so on and so on. Tapi yang dia cari disini adalah how to make a relationship. Tujuan yang cukup mulia saya pikir. Karena dengan membangun relationship kita bisa mendapatkan apa yang kita impikan. Penting untuk membangun sebuah relasi, karena kalo kita mengingat lagi pelajaran PPKN dan Sosiologi, guru-guru kita selalu bilang "Manusia itu adalah Makhluk Sosial", so akan lebih baik bagi kita semua untuk saling bersosial dan bergaul, karena efeknya yang sangat banyak.

Begitulah bananas'er..
Sebagian tips yang bisa saya berikan untuk Anda semua, semoga bermanfaat bagi kita semua..
Amiinn..

`rvQ_sedang_berpikir`

Tidak ada komentar: